Thursday, November 12, 2015

Lo Han Kuo, Buah Panjang Umur Guangxi

Bagi Anda yang meyakini pengobatan tradisional Cina, buah Lo Han Kuo yang tentunya sudah tidak asing lagi manfaatnya bagi kesehatan. Lo Han Kuo, buah yang mendapat julukan “longevity fruit” atau buah panjang umur, penduduk lokal provinsi Guangxi Cina Selatan sebagai daerah asal buah ini yang memiliki umur panjang lebih dari 100 tahun dengan kebiasaan meminum teh Lo Han Kuo. Dikenal dengan rasanya yang sangat manis melebihi gula dan menjadi makanan kegemaran para biarawan louhan sehingga buah ini disebut juga buah para biksu atau “monk fruit”. Sari buah Lo Han Kuo untuk obat panas dalam, meredakan batuk dan menguatkan paru-paru.

Pembaca tidak perlu khawatir, walaupun buah Lo Han Kuo ini sangat manis rasanya bahkan hingga tiga ratus kali lebih manis dari gula namun keunikan buah ini yang tidak memberikan pengaruh buruk pada kadar gula dalam darah. Buah Lo Han Kuo yang aman dikonsumsi penderita diabetes, bahkan sebagaimana penelitian yang dipublikasikan online oleh Nutrition Research, ekstrak buah Lo Han Kuo yang justru dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan kesehatan hati. Buah Lo Han Kuo yang dapat Anda jadikan pemanis alternatif selain gula pada aneka resep kue, makanan dan minuman.     

 
 


Hasil penelitian lain yang dilakukan para ilmuwan dari Nihon University, Jepang, buah Lo Han Kuo yang bermanfaat untuk melawan tumor. Demikian juga penelitian yang dilakukan Universitas Hiroshima, buah Lo Han Kuo yang dapat menghambat pertumbuhan tumor kulit. Jepang memang tercatat sebagai negara yang tengah giat meneliti buah dan tanaman Lo Han Kuo untuk pengobatan.

Momordica grosvenori swingla, demikian nama latin dari tanaman Lo Han Kuo yang tumbuh merambat ini. Buah Lo Han Kuo yang berwarna hijau bila belum matang dengan bentuknya menyerupai jambu biji dengan diameter sekitar 5 cm seperti bola. Buah ini telah dibudidayakan sejak berabad-abad yang lampau di dataran Cina Selatan. Buah Lo Han Kuo yang memerlukan pengeringan dan pengolahan terlebih dahulu jika hendak dimanfaatkan sebagai obat.  

Manfaat lain dari buah Lo Han Kuo sebagaimana yang didapat dari Processed Free America, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2002 dan diterbitkan dalam Journal of Atherosclerosis dan Trombosis, kandungan mogrosides pada buah Lo Han Kuo memiliki sifat antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol LDL. Sebagaimana Kita tahu bila LDL teroksidasi kolesterol dapat menyebabkan pembentukan plak pada arteri dan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke. 
 
Buah Lo Han Kuo yang sejak lama diketahui bermanfaat mengobati panas dalam, sariawan dan juga batuk. Lo Han Kuo infusion, ramuan buah Lo Han Kuo bercampur ekstrak kayu manis yang telah dikemas berupa sari buah untuk kemudian diseduh dengan air sehingga lebih praktis dan bisa dikonsumsi kapan saja. 

Sari buah Lo Han Kuo yang bisa diminum baik dalam keadaan panas maupun dingin. Lo Han Kuo infusion yang mudah dibeli pada banyak toko herbal dan obat tradisional Cina, Lo Han Kuo infusion yang juga sangat baik diminum untuk menguatkan paru-paru dan meredakan sakit tenggorokan. 

Membuat jus dari buah Lo Han Kuo, pembaca yang sebenarnya juga bisa membuat sendiri minuman jus dari buah Lo Han Kuo, caranya adalah buah Lo Han Kuo yang sudah kering dicuci bersih terlebih dahulu, belah dua buah Lo Han Kuo lalu dimasukkan ke dalam panci berisikan 7 gelas air yang sudah mendidih. Sebagaimana informasi resep jus buah Lo Han Kuo yang ditulis oleh Justin Choo.